PERIHAL.ID, BANGKALAN – Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) IV Pamekasan menggelar Workshop Manajemen Event Bersama Komunitas Kreatif Madura. Acara yang digelar di sebuah cafe di Bangkalan ini mengumpulkan Kreatif Madura terdiri dari pegiat sosial media dan jurnalis, Kamis (28/8/2025).
Dengan narasumber profesional event, workshop ini diharapkan dapat melahirkan generasi muda dari Madura yang dapat mengembangkan event besar di wilayah masing-masing.
Kepala Bakorwil IV Madura Dra. Sufi Agustini, M.Si mengatakan Madura memiliki banyak kultur yang bisa dikenalkan melalui event. Hanya saja event yang telah dilaksanakan dinilai kurang pengelolaan yang baik.
“Event di Madura ini banyak. Tapi sayangnya kurang dikelola dengan manajemen yang baik. Untuk itu saya harapkan kreatif muda yang hadir di sini bisa membuat event besar yang ‘wah’. Karena ‘njenengan punya bakat seni” ujarnya.
Tidak hanya itu pihaknya juga menginginkan dari workshop ini nantinya akan terlahir Event Organizer (EO) yang profesional. Sehingga jika Madura memiliki acara besar tidak perlu memakai EO dari luar kota. Tapi cukup memanfaatkan kreatif muda yang ada.
Bukti Bakorwil memfasilitasi para Komunitas Kreatif Madura, dengan mendatangkan narasumber putra daerah yang berhasil berkiprah puluhan tahun di Kota Malang dengan bisnis Event Fashionnya.
Dr. Agus Sunandar, S.PD, M.SN dipercaya untuk berbagi pengalamannya yang telah sukses berulang kali membuat event besar. Bahkan pihaknya dipercaya untuk turut serta dalam pagelaran fashion di luar negeri.
“Alhamdulillah kami dipercaya mengenalkan event fashion Indonesia di beberapa negara. Jadi saya harapkan teman-teman juga bisa sukses menggelar event besar,” katanya.
Pria yang dikenal dengan Samsuga atau plesetan dari panggilan Mas Agus ini menjelaskan tentang bagaimana mengelola manajemen event dengan baik. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, sampai membuat laporan akhir.
Selain menceritakan event apa saja yang pernah dia gelar, pihaknya juga mencontohkan beberapa gelaran event yang bisa dikembangkan seperti Event Corporate, Entertainment, Community, Sports, Cultural dan Charity.
“Menggelar event harus memberikan dampak seperti branding atau (peningkatan) ekonomi. Jika hal itu tidak tercapai, event tersebut berarti gagal,” tegasnya.
Akhir kegiatan Agus juga menyemangati para audiens untuk bisa membaca peluang, acara apa yang bisa digelar untuk membranding daerah masing-masing.(*)
Komentar